Membuat Naskah Video Pembelajaran

Membuat Naskah Video Pembelajaran dari awal sampai akhir berikut contoh dan hasilnya dapat anda baca pada artikel dibawah ini.

Mengapa Video Pembelajaran?

sebelum membahas bagaimana membuat naskah video pembelajaran sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu media video pembelajaran.

Media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual berisi pesan-pesan pembelajaran baik berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Dalam konteks pembelajaran, media video digunakan untuk memperjelas dan mempermudah penyampaian pesan agar tidak terlalu verbalistis. Media ini juga dipilih untuk mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik maupun instruktur, serta dapat digunakan secara tepat dan bervariasi.

Pemilihan media video untuk pembelajaran biasanya disebabkan oleh keunggulan karakteristiknya yaitu :

  • Adanya Kejelasan pesan,
  • Berdiri sendiri,
  • Mudah digunakan,
  • Representasi isi,
  • Visualisasi dengan media,
  • Menggunakan kualitas resolusi yang tinggi,
  • Serta dapat digunakan secara klasikal mapupun individual.

Apa itu Naskah?

Pengembangan konten media video pembelajaran sudah selayaknya diawali dengan penyusunan naskah.

Naskah adalah tahapan rancangan atau pedoman dalam pengembangan konten media video pembelajaran, berisi urutan visual pengadegan, materi pembelajaran, serta audio narasi, music, dan sound effect.

Baiklah sekarang kita sudah tahu apa itu media video pembelajan, dan apa itu naskah. sekarang bagaimana cara membuat naskah media video pembelajaran.

Membuat Naskah Video Pembelajaran

Membuat naskah video diawali dengan mengidentifikasi siapa sasaran dan topik apa yang akan diangkat, kemudian menuliskan garis besar naskah ke dalam sebuah sinopsis dan menguraikannya alurnya melalui treatment.

membuat naskah video

Sinopsis adalah ringkasan cerita yang diperlukan untuk memberikan gambaran secara ringkas dan padat tentang topik atau materi yang disampaikan dalam naskah video pembelajaran.

Adapun yang dimaksud treatment adalah uraian yang menggambarkan alur penyajian sebuah naskah video pembelajaran. Melalui sinopsis dan treatment inilah kita dapat mulai menulis skenario materi pembelajaran berbentuk media video pembelajaran.

IDENTIFIKASI PROGRAM

Program : …………………………..
Indikator materi : …………………………..
Sasaran : …………………………..
Mata Pelajaran : …………………………..
Jenjang : SD/SMP/SMK/……
Topik/Judul : …………………………..
Pokok-Pokok Materi : …………………………..
Penulis : …………………………..
Durasi : 5-6 menit

Setelah identifikasi program tersusun, langkah selanjutnya adalah mulai menuliskan naskah materi pembelajarannya.  Penulisan naskah video pembelajaran setidaknya memuat nomor urut, visual pengadegan, dan narasi audio, seperti pada table berikut:

NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN

No Visual Audio

Berikut adalah contoh penggalan naskah media video pembelajaran yang dapat anda unduh pada link berikut ini :

contoh Membuat Naskah Media Video Pembelajaran

Leave a Reply